• SMA NEGERI 9 PONTIANAK
  • Maju Bersama Hebat Semua

Kedudukan Dan Peran Bahasa Inggris Pada Dunia Pendidikan Dalam Upaya Menciptakan Masa Depan Yang Cerah Untuk Dunia Serta Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari Dengan Sistem

 

KATA PENGANTAR


Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan ini dengan judul "Pengimplentasian Nilai-Nilai Pancasila Guna Menumbuhkan Karakter Anak Bangsa yang Bermoral".


Penulisan ini tidak akan terwujud tanpa bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, tim mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak Ibrahim, M.Pd Selaku kepala sekolah SMAN 9 Pontianak.
2. Bapak Sui Kiun, S.hut. M.M selaku waka kurikulum yang selalu memberikan bantuan dan arahan sehingga terlaksana kegiatan tersebut.
3. Ibu Fitri Sulistyaningrum selaku waka kesiswaan atas sumbang saran
yang telah diberikan.
4. Ibu Ida Ayu Librawati, S.Pd selaku waka sarana dan prasarana yang telah bersedia memfasilitasi tempat maupun barang yang kami.
5. Guru pembimbing Ibu Ary Kusmawati, S.Si, M.Pd yang telah setia bersama selama pelaksanaan penulisan ini hingga dapat terselesaikan dengan baik.


Serta berbagai pihak yang telah banyak mendukung dalam kegiatan ini. Kami menyadari bahwa karya ini belum sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang bersifat membangun dari berbagai pihak sangat tim harapkan. Semoga Allah SWT berkenan memberikan balasan berupa pahala yang melimpah atas segala amal baik dan budi yang telah dilakukan oleh semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya kegiatan tersebut.

Pontianak, 20 Agustus 2021


Penulis

 

 

Kedudukan Dan Peran Bahasa Inggris Pada Dunia Pendidikan Dalam Upaya Menciptakan Masa Depan Yang Cerah Untuk Dunia Serta Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari Dengan Sistem "Recognize-Apply-Fluent"


Abstrak


Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui tentang sistem "recognize-apply-fluent" dalam upaya memperlancar dan mengingatkan kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris pada kehidupan sehari-hari serta mengetahui pentingnya mempelajari bahasa Inggris pada dunia pendidikan/pekerjaan agar mampu bersaing di dunia internasional.


Metode penulisan ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penulisan yang berdasarkan pada data - data dan informasi yang faktual dan terpercaya serta mengutip dari berbagai sumber mengenai dunia pendidikan dan bahasa Inggris serta segala informasi yang menyangkut tentang pendidikan dan bahasa Inggris.


Hasil dari penulisan ini adalah pentingnya mempelajari bahasa Inggris yang mempunyai kedudukan dan peran yang sangat berpengaruh, baik di dunia pendidikan maupun dunia pekerjaan.


Kesimpulan dari penulisan ini adalah bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat penting untuk dikuasai dikarenakan bahasa tersebut adalah bahasa yang sering digunakan untuk berkomunikasi antar negara serta menjalin hubungan dan kerjasama di dunia pekerjaan tingkat internasional. Dengan menguasai bahasa tersebut, seseorang akan memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan pekerjaan serta melanjutkan pendidikan sesuai yang ia inginkan, salah satunya adalah pekerjaan/pendidikan bertingkat internasional. Hal ini dikarenakan sebuah pekerjaan/pendidikan bukan hanya membutuhkan orang-orang yang memiliki keterampilan dan keahlian pada suatu bidang yang dibutuhkannya, namun juga membutuhkan orang-orang yang memiliki keterampilan dalam berkomunikasi dan berbahasa sesuai dengan negara yang dituju. Hal ini dibutuhkan agar terjalinnya kerjasama yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan/pendidikan agar mampu bersaing di dunia internasional.

 

 

Pendahuluan


Latar Belakang


Saat ini dunia sangat bergantung pada para penghuninya untuk mengelola apa yang ada di dunia. Salah satu cara untuk mengelolanya adalah dengan mengandalkan kemampuan dan keahlian seseorang untuk memelihara dan melindungi dunia dari kerusakan. Namun, keahlian tersebut tidak bisa didapatkan hanya dengan mengandalkan kemampuan dari diri sendiri saja. Diperlukan sebuah proses agar kemampuan tersebut dapat menjadi suatu keahlian dan mendatangkan manfaat bagi semua orang. Salah satu prosesnya adalah dengan menempuh pendidikan. Dengan pendidikan, maka kemampuan seseorang akan terasah dan dapat menjadi suatu keahlian yang bisa ia gunakan untuk menciptakan masa depan yang cerah untuk dunia. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah tempat untuk melatih diri dan mengembangkan bakat yang dimiliki untuk menjadi sebuah keahlian dan bisa digunakan untuk menjadi modal dirinya dalam menghadapi perkembangan yang terjadi di dunia.

Namun, dunia pendidikan memiliki masalah yang cukup besar dan menjadi perhatian masyarakat, yaitu adanya putus sekolah.


Putus sekolah adalah sebuah predikat yang diberikan kepada mantan peserta didik yang tidak mampu menyelesaikan suatu jenjang pendidikan, sehingga tidak dapat melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan berikutnya (Gunawan, 2010 : 71). Dapat disimpulkan bahwa putus sekolah adalah ketidakmampuan seorang peserta didik untuk menyelesaikan pendidikan pada waktu yang sudah ditentukan. Terdapat tiga jenis putus sekolah, yaitu: Putus sekolah/berhenti dalam jenjang, putus sekolah di ujung jenjang, dan putus sekolah/ berhenti antar jenjang.


Putus sekolah secara umum juga dapat diartikan sebagai orang atau anak yang keluar dalam suatu sistem pendidikan sebelum mereka menamatkan pendidikan sesuai dengan jenjang waktu sistem persekolahan yang diikuti (Rizal Bagoe :2013). Dengan demikian putus sekolah dapat pula diartikan tidak tamat atau gagal dalam belajar ketingkat lanjut (Rizal Bagoe : 2013 ). Salah satu faktor yang menjadi penyebab seseorang memutuskan untuk berhenti/putus sekolah adalah adanya faktor keluarga yang tidak mampu untuk membayar biaya sekolah. Hal ini sangat mempengaruhi pola pikir sang anak yang tidak mau membebani keluarganya dikarenakan membayar biaya sekolahnya dan memutuskan untuk berhenti/putus sekolah dan bekerja untuk membantu perekonomian keluarga.

Selain masalah putus sekolah, pendidikan juga mempunyai masalah tersendiri. Yaitu kurangnya kemampuan seseorang dalam menguasai Bahasa Inggris. Bahasa ini sangat berpengaruh bagi kemajuan sebuah pendidikan. Dikarenakan setiap tenaga ahli dan pekerjaan di dunia yang sangat membutuhkan orang-orang yang memiliki keterampilan dalam berbahasa, salah satunya Bahasa Inggris. Hal ini dibutuhkan untuk memudahkan komunikasi antara satu dengan lainnya dan memudahkan untuk terjalinnya hubungan dan kerjasama antar negara. Selain itu, bahasa Inggris juga sangat diperlukan oleh para peserta didik yang ingin bekerja/melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Mengapa? karena dengan adanya kemampuan berbahasa Inggris, maka besarnya peluang dan kemungkinan bagi para peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri dan mencapai impian dan cita-citanya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah melihat penjelasan berikut, memperlihatkan bahwa Bahasa Inggris mempunyai kedudukan yang penting dalam sebuah pendidikan. Hal ini menjadi sebuah alasan untuk mengajarkan Bahasa Inggris kepada peserta didik sejak dini. Jika Bahasa Inggris seseorang telah dilatih sejak kecil, maka peluang untuk memperoleh impiannya semakin besar.

Namun, bahasa Inggris tidak bisa diterapkan pada kehidupan seseorang dalam waktu yang singkat. Diperlukan proses yang panjang untuk mampu menguasai bahasa tersebut. Oleh karena itu, penulis memperkenalkan sebuah sistem untuk mempelajari bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan, yaitu sistem "recognize-apply-fluent"

 

Rumusan Masalah

Seberapa besar kedudukan serta peran Bahasa Inggris pada dunia pendidikan dalam upaya menciptakan masa depan yang cerah serta bagaimana pengaruh sistem "recognize-apply-fluent" dalam tahap mempelajari dan menguasai bahasa Inggris?

 

Tujuan Penulisan

Mengetahui seberapa besar kedudukan serta peran Bahasa Inggris pada dunia pendidikan dalam upaya menciptakan masa depan yang cerah serta bagaimana pengaruh sistem "recognize-apply-fluent" dalam tahap mempelajari dan menguasai bahasa Inggris.

 

Manfaat Penulisan

1. Bagi Peserta Didik

Penulisan ini bertujuan untuk memotivasi para siswa/siswi yang sedang menempuh pendidikan untuk tetap bersemangat dalam meraih cita-cita dan mempelajari hal baru untuk lebih mengembangkan potensi dirinya, salah satunya adalah lebih memperlancar kemampuan berbahasa Inggris untuk meraih salah satu impiannya, yaitu bekerja/melanjutkan pendidikannya ke luar negeri, serta dapat menerapkan sistem "recognize-apply-fluent" dalam proses pembelajaran bahasa Inggris pada kehidupan sehari-hari agar dengan mudah mempelajari dan menguasai bahasa Inggris dalam waktu yang singkat.

2. Bagi Pendidikan Setempat

Penulisan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan proses belajar mengajar Bahasa Inggris bagi Pendidikan sekitar agar lebih mempertajam kemampuan berbahasa Inggris pada peserta didiknya guna memperketat persaingan antar negara dalam rangka meraih impian dan dapat mengelola dunia dengan baik serta menerapkan sistem"recognize-apply-fluent" dalam mempelajari bahasa Inggris kepada para peserta didik di setiap sekolah-sekolah agar dapat menguasai bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan.

Pembahasan

Pendidikan

Pendidikan adalah sebuah usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana dalam upaya mewujudkan sebuah proses pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara. Dapat dikatakan bahwa Pendidikan memiliki peran yang penting dalam memiliki potensi yang dibutuhkan oleh negara. Pendidikan mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, pendidikan tidak mengenal kata akhir atau dapat disebut pendidikan sepanjang hayat. Pendidikan memiliki tujuan untuk mencetak pribadi yang berpengetahuan tinggi, berwawasan luas serta memiliki budi pekerti yang luhur (Undang – undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003). Pendidikan merupakan serangkaian proses yang dilakukan oleh suatu negara dalam rangka mempersiapkan kualitas sumber daya manusia yang diperlukan dalam pembangunan bangsa dan negara (Ni Ayu Krisna Dewi : 2014).

Pendidikan anak merupakan sebuah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari persoalan mencerdaskan suatu bangsa. Melalui pendidikan, anak-anak diasah dengan seperangkat ilmu pengetahuan untuk memiliki kesadaran serta kemauan yang bernilai positif dalam menemukan dan merumuskan tujuan untuk dirinya di masa mendatang. Salah satu contohnya adalah pendidikan yang ada di Indonesia. Pembangunan pendidikan yang ada di Indonesia telah menunjukan sebuah keberhasilan dan kesuksesan yang cukup besar. Wajib belajar sembilan tahun yang didukung oleh pembangunan insfratruktur sekolah dan diteruskan dengan wajib belajar sembilan tahun adalah program sektor pendidikan yang diakui cukup sukses pada dunia pendidikan. Kasus tinggal kelas, terlambat untuk masuk sekolah dasar, putus sekolah/ketidak mampuan seseorang untuk meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi merupakan hal yang cukup banyak menjadi sorotan dan menjadi permasalahan di dunia pendidikan (Ni Ayu Krisna Dewi : 2014)

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah sebuah proses yang panjang dalam rangka meraih impian dan cita-cita serta merupakan sebuah wadah untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya untuk memiliki sikap dan akhlak yang baik dan mampu bersaing di dunia pekerjaan serta mampu untuk memajukan bangsanya dengan membawa nama baik bangsanya pada dunia.

Setiap sebuah tindakan, pasti ada suatu alasan. Hal itu juga terkait dengan pendidikan. Pendidikan juga mempunyai sebuah alasan mengapa ia didirikan dan dibutuhkan oleh setiap orang. Salah satu alasan umumnya adalah untuk menciptakan dan mencetak pribadi yang memiliki wawasan yang luas dan ilmu pengetahuan yang cukup untuk menghadapi perkembangan yang selalu terjadi di dunia.

Dengan adanya alasan tersebut, sudah tentu pendidikan memiliki dampak yang besar bagi perkembangan dunia. Dampak tersebut dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Dampak umum : Menciptakan generasi yang berilmu dan berwawasan luas serta memiliki akhlak yang mulia.
  2. Dampak khusus : Mengetahui bakat yang ada didalam dirinya melalui ekstrakulikuler yang diadakan di sekolah-sekolah, dan bakat tersebut dapat dikembangkan menjadi sebuah keahlian yang bisa menjadi modal dirinya di masa depan.

Bahasa Inggris

Selain wajib belajar sembilan tahun sebagai peran utama dalam pembangunan pendidikan di Indonesia, pendidikan juga harus mendapatkan peran pendukung untuk lebih mengembangkan pengaruhnya pada dunia. Salah satunya adalah pentingnya keterampilan dalam berbahasa. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan persaingan dalam menjalin hubungan dan kerjasama antar perusahaan negara. Salah satu bahasa yang harus bisa dikuasai adalah bahasa Inggris.


Bahasa Inggris adalah bahasa yang sering digunakan oleh dunia internasional untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Dikarenakan berkembangnya teknologi yang semakin canggih dan menggunakan bahasa Inggris, mendorong seseorang untuk beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan yang terjadi yang mengharuskan seseorang untuk bisa menguasai bahasa Inggris guna menjalankan teknologi tersebut dengan baik.


Begitu pula dengan alasan diperlukannya bahasa Inggris dalam dunia pendidikan. Ada dua alasan bahasa Inggris penting diterapkan dalam dunia pendidikan, yaitu :

  1. Bagi peserta didik/anak sekolah, bahasa Inggris diperlukan agar bisa mempelajari ilmu yang ada di penjuru dunia dan memberikan peluang yang besar untuk bisa bersaing di dunia internasional.
  2. Bagi perusahaan, bahasa Inggris diperlukan agar perusahaan tersebut memiliki pekerja yang mampu bersaing di dunia internasional dan mampu menjalin hubungan dan kerjasama antar negara yang bisa menguntungkan sebuah perusahaan.

Dengan penjelasan dan data-data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bahasa Inggris memiliki kedudukan dan peran yang sangat penting bagi berkembangnya suatu pendidikan dalam upaya memajukan pendidikan bangsa. Maka sudah sepatutnya kita menerapkan bahasa tersebut baik di dalam dunia pendidikan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bukan hal yang mudah untuk menguasai bahasa tersebut dapat waktu yang singkat. Dibutuhkan waktu dan proses yang panjang untuk bisa menguasai dan menerapkan bahasa tersebut secara sempurna.


Saat ini banyak sekali jasa yang menawarkan untuk mengajarkan bahasa Inggris, baik secara langsung maupun secara otodidak. Namun, selain belajar di bimbel (bimbingan belajar) tersebut, alangkah baiknya jika kita menerapkan sebuah sistem yang dapat membantu kita dalam proses memperlancar bahasa Inggris yang telah diajarkan dan dapat dikuasai dalam waktu yang cukup singkat. Salah satu sistemnya adalah sistem "recognize-apply-fluent". Sistem tersebut merupakan salah satu sistem yang dapat diterapkan pada seseorang dalam proses mempelajari bahasa Inggris dan dapat mengucapkannya dengan sempurna dalam waktu yang cukup singkat.

2. Menerapkan (apply)

Apply adalah menerapkan bahasa Inggris dan terbiasa mengucapkan kata-kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Jika sudah mengenali kata-katanya, maka tahap selanjutnya adalah membuat kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat dan mengucapkan sesuai dengan penggunaannya dan di waktu yang tepat.

Kalimat yang dapat dijadikan sebagai latihan adalah

  • Ketika bertemu dengan seseorang, maka ucapkan hello, hi, good morning, good afternoon dan lainnya sebagai bentuk sapaan.
  • Ketika seseorang tersebut ingin pergi, maka ucapkan good bye, bye, see you later dan lainnya sebagai ucapan perpisahan.
  • Ketika dibantu oleh orang lain, maka ucapkan thanks, thank you, dan lainnya sebagai ucapan terima kasih.
  • Ketika seseorang mengucapkan terima kasih menggunakan bahasa Inggris, maka jawablah you are welcome sebagai pengganti ucapan sama-sama.

Dan masih banyak lagi kata-kata yang bisa digunakan untuk menerapkan bahasa Inggris sesuai dengan penggunaannya.

3. Lancar (fluent)

Tahap fluent adalah tahap melancarkan pengucapan bahasa Inggris dan mampu menggunakannya sesuai dengan penggunaan didalam kehidupan sehari-hari. Tahap ini juga dapat disebut sebagai tahap akhir dari sistem pembelajaran ini. Adapun kata-kata yang dapat digunakan sesuai dengan waktu penggunaannya adalah :

Ketika memperkenalkan diri : hi, my name is ....., I am ... years old, I am from ... dan lain-lain.
- Ketika menanyakan kabar seseorang : how are you?, how do you do?, dan lain-lain.
- Ketika ingin melakukan sesuatu : I want to eat bread , I want to drink milk, I want to bike, dan lain-lain.
- Ketika memuji seseorang : She is kind, He is smart, You are handsome, dan lain-lain.

Perhatikan sebuah percakapan yang menggunakan bahasa Inggris berikut.
Lilly : Hi, may i know what is your name?
Fanny : Sure, my name is Fanny
Lilly : Hi Fanny, my name is Lilly
Fanny : Hi Lilly. Pleased to meet you
Lilly : I'm happy too meet you, Fanny
Fanny : What are you doing?
Lilly : I'm looking for my book
Fanny : Can i help you find it?
Lilly : Of course, thank you
Fanny : You're welcome

Percakapan diatas merupakan percakapan yang terdiri dari perkenalan diri, menanyakan sesuatu, memberikan bantuan dan ucapan terima kasih. Berikut penjelasannya

  • Perkenalan diri :
  • Sure, my name is Fanny
    Hi Fanny, my name is Lilly

  • Menanyakan sesuatu : - What are you doing?
  • Memberikan bantuan : - Can i help you find it?
  • Ucapan terima kasih : - Of course, thank you
  • Ucapan sama-sama : - You're welcome

Setelah melihat penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem "recognize-apply-fluent" merupakan sistem yang dapat diterapkan dalam proses memperlancar ucapan bahasa Inggris yang telah dipelajari. Dapat disimpulkan juga sistem tersebut merupakan cara yang efektif dan efisien untuk mempermudah mengingat dan mengucapkan bahasa Inggris dengan lancar dalam waktu yang cukup singkat.

Penutup

Kesimpulan

Pendidikan adalah sebuah wadah untuk mengembangkan potensi yang ada didalam diri juga sebagai ajang untuk mencari tahu bakat seseorang untuk dikembangkan sehingga menjadi sebuah keahlian yang dapat menjadi modal dirinya untuk memiliki masa depan yang cerah dan yang ia inginkan. Pendidikan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan, yaitu untuk mendidik dan mengajarkan tentang tata krama yang ada di dunia sehingga terciptalah generasi penerus yang selain memiliki ilmu dan wawasan yang luas, juga memiliki sikap dan akhlak yang mulia.


Selain memiliki pelajaran wajib, pendidikan juga harus memiliki pelajaran pendukung, salah satunya adalah pelajaran bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa yang sering digunakan untuk berkomunikasi antar negara dan termasuk juga dalam bahasa internasional. Bahasa ini juga memiliki peran yang penting dalam kemajuan sebuah pendidikan, yaitu dapat menciptakan para peserta didik/pekerja yang memiliki keterampilan dalam berbahasa asing dalam upaya meningkatkan persaingan antar negara baik di dunia pendidikan maupun pekerjaan.

Saran

  1. Diperlukannya peningkatan kualitas pendidikan agar memiliki generasi yang unggul baik di bidang akademik maupun non akademik.
  2. Lebih meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris dalam dunia pendidikan agar memiliki generasi yang mahir dan memiliki keterampilan dalam berbahasa.

Daftar pustaka

Bagoe, Rizal. 2013. faktor – faktor penyebab anak putus sekolah di Desa Suka Damai Kecamatan Bulango utara Kabupaten Bone Bolango ( Jurnal ). Diakses di http:// kim.ung.ac.id/index.php/KIMFIS/articel/vie wFile /3054/3030.pdf. diunduh pada 28 november 2014.


Gunawan, Ary H. 2010. Sosiologi Pendidikan suatu Analisis Sosiologi Tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.


Ni Ayu Krisna Dewi1, Anjuman Zukhri1, I Ketut Dunia2: 2014. Analisis faktor – faktor penyebab anak putus sekolah usia pendidikan dasar di Kecamatan Gerokgak tahun 2012 / 2013, ( Jurnal ) Vol: 4 No: 1 Tahun: 2014. Diakses di http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/articel/viewFile/1898/1650.pdf. diunduh pada tanggal 28 November 2014.

Saya generasi muda yang peduli literasi! Artikel ini ditulis sebagai bentuk serta EF Literacy Day Competition 2021: https://www.ef.co.id/writing-competition

Komentar

salut buat ananda dinda, pembimbing dan juga Kepala Sekolah SMAN 9 Pontianak. tulisannya sangat bermanfaat bagi digital readers. mudah mudahan ke depan semakin banyak peserta didik yang gemar membaca, menulis dan berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Komentari Tulisan Ini
Judi Bola Situs Slot Gacor link Slot Gacor Judi Bola Parlay Link Slot Gacor Situs Slot Gacor Situs Slot Gacor Link Situs Slot Gacor Bocoran Slot Gacor hari ini Situs Slot Gacor Link Info Slot Gacor hari ini Pola Slot Gacor Hari Ini